1. Apa yang dimaksud dengan teks negosiasi...
a. Interaksi sosial yang berfungsi untuk kesepakatan bersama
b. Interaksi sosial yang menimbulkan kekacauan
c. Interaksi sosial yang berfungsi untuk menanyakan alamat
d. Teks yang berisi lelucon
e. Teks yang berisi sindiran
Jawaban: A
2. Struktur pertama dalam negosiasi...
a. Pembelian
b. Permintaan
c. Penawaran
d. Pengajian
e. Orientasi
Jawaban: E
3. Struktur kedua dalam teks negosiasi...
a. Orientasi
b. Permintaan
c. Pemenuhan
d. Persetujuam
e. Penutup
Jawaban: B
4. Struktur ketiga dalam teks negosiasi adalah...
a. Orientasi
b. Permintaan
c. Pemenuhan
d. Penawaran
e. Persetujuan
Jawaban: c
5. Struktur keempat dalam negosiasi adalah...
a. Orientasi
b. Permintaan
c. Pemenuhan
d. Penawaran
e. Penutup
jawaban: c
6. Negosiasi dilakukan karena...
a. Adanya tawar menawar
b. Adanya kesepakatan
c. Adanya pertentangan
d. Tidak adanya uang
e. Tidak ada masalah
jawaban: c
7. Yang bukan contoh sederhana bernegosiasi dalam kehidupan adalah...
a. Tawar menawar
b. Dabat politik
c. Membeli
d. menjual
e. Belanja
jawaban: b
8. Tujuan negosiasi adalah...
a. Mengurangi perbedaan
b. Kesepakatan
c. Bertentangan
d. Keterbatasan
e. Salah semua
jawaban: a
9. Mengajak untuk kesepakatan merupakan tindakan yang dilakukan agar negosiasi berjalan...
a.ricuh
b. Kacau
c. Sepakati
d. Lancar
e. Tidak terpenuhi
jawaban: d
10. Salah satu struktur teks negosiasi adalah...
a. Langkah
b. Pemenuhan
c. Tujuan
d. Abstraksi
e. Tesis
jawaban: b
11. Biasanya negosiansi dilakukan dengan...
a. Melalui sms
b. Dialog langsung
c. Melalui telepon
d. Melalui email
e. Melalui surat kabar
jawaban: b
12. "Saya akan bicara kepada manajer Anda" dialog tersebut merupakan...
a. Permintaan
b. Orientasi
c. Persetujuan
d. Pemenuhan
e. Pembelian
jawaban: a
13. Penyelesaian negosiasi dengan cara...
a. Marah-marah
b. Tenang
c. Tawarmenawar
d. Memaki
e. Membunuh
jawaban: c
14. Yang bukan contoh negosiasi adalah...
a. Harga baran
b. Tempat kerja
c. Membuat UU
d. Menyalakan tv
e. Haga barang
jawaban: d
15. Teks negosiasi biasanya mengandung...
a. Lelucon
b. Konflik
c. Candaan
d. Berita
e. Laporan
jawaban: b
16. "Wah mahal. Rp. 250.000 gimana, Mba?" Dialog tersebut merupakan...
a. Permintaan
b. Penawaran
c. Pemenuhan
d. Persetujuan
e. Penutup
jawaban: b
17. Bagaimana cara menyelesaikan negosiasi itu...
a. Dengan tawar menawar
b. Dengan bisik-bisik
c. Dengan bekerja
d. Dengan sepakat
e. Dengan belajar
jawaban : a
18. Contoh manakah yang bisa di negosiasikan...
a. Menggunakan ATM
b. Cara membuat kue
c. Berkunjung ke rumah kakek
d. Pemilihan calon Presiden
e. Lomba menyanyi
Jawaban: D
19. Ada berapa struktur yang terdapat dalam teks negosiasi...
a. 3
b. 4
c. 5
d. 6
e.7
jawaban: E
20. Untuk mendapatkan atau mencapai kondisi saling menguntungkan dimana masing-masing pihak merasa menang disebut negosiasi...
a. Win-Lose Strategy
b. Win-Win Solution
c. Lose-lOSE sTRATEGY
d. Win All strategy
e. Lose all strategy
Jawaban: b
1. Apa tujuan negosiasi ?
a. iseng
b. untuk buat kesepakatan
c. kurang kerjaan
d. seru-seruan
e. semuanya salah
2. Sebelum negosiasi, apa yang harus disiapkan ?
a. uang
b. masalah yang sama pada ke 2 pihak
c. nasi goreng
d. barang
e. rumah
3. Apakah negosiasi mempunyai pengaruh penting dalam kehidapnmu sehari-hari ?
a. ya, karena negosiasi kita lakukan setiap kita melakukan aktivitas
b. tidak
c. ya
d. tidak setiap hari
e. mungkin setiap hari
4. Proses tawar-menawar dengan jalaan berunding guna mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak ( kelompok / organisasi / dan pihak kelompok atau organisasi ) yang lain disebut…
a. debat b. Tanya jawab c. bercakap-cakap d. diskusi e. negosiasi
5. Salah satu kiat untuk meyakinkan mitra bicara adalah menggunakan argumentasi yang…
a. realistis
b. subjektif
c. praktis
d. rasional
e. objektif
6. Pilihlah struktur teks negosiasi, berikut
a. Orientasi^permintaan^pemenuhan^penawaran^persetujuan^pembelian^penutup
b. Orientasi & Penutup
c. Orientasi^isi^penutup
d. Orientasi^permintaan^penawaran^penutup
e. Pembukaan^isi^pemulihan^penutup
7. Siapakah yang menjadi konsumen ?
a. pembeli
b. penjual
c. narasumber
d. raja
e. tukang sayur
8. Negosiasi dilakukan oleh ?
a. antara penjual-pembeli
b. tukang sayur
c. hanya 1 pihak
d. antara tukang bakso-penjual baju
e. antara 2 pihak
9. Tujuan dari negosiasi adalah ?
a. untuk mengurangi perbedaan posisi setiap pihak
b. teks drama
c. bercakap-cakap
d. interogatif
e saling tawar menawar
10. Aktivitas yang dilakukan oleh 2 pihak, yang bertujuan untuk mencapai keputusan yang sama adalah pengertian dari ?
a. Negosiasi
b. teks
c. drama
d. percakapan
e. transaksi jual-beli
11. Contoh judul teks negosiasi adalah, kecuali…
a. negosiasi gaji
b.negosiasi kendaraan
c. negosiasi rumah
d. negosiasi alat elektronik
e. negosiasi abstraksi
12. Melakukan Negosiasi bisa dilakukan di, kecuali…
a. dalam masyarakat
b. di pasar
c. di dalam kamar
d. di rumah
e. di toko
13. Dalam menyelesaikan teks negosiasi haruslah ?
a. tidak merugikan salah satu pihak
b. merugikan salah satu pihak
c. melibatkan banyak orang
d. sesuai aturan norma
e. menguntungkan kedua belah pihak
14. mengurangi perbedaan posisi setiap pihak, merupakan ?
a. tujuan teks negosiasi
b. tujuan teks anekdot
c. tujuan teks prosedur kompleks
d. tujuan teks prosedur standar
e. tujuan teks jual-beli
15. mengapa negosiasi itu dilakukan ?
a. karena memiliki kepentingan yang sama
b. karena itu penting
c. karena itu dibutuhkan
d. karena itu adalah sesuai aturan norma
e. menguntungkan satu pihak
16. kesepakatan apa yang dicapai dalam negosiasi ?
a. kesepakatan sendiri
b. kesepakatan bersama
c. kesepakatan berdua
d. kesepakatan berlima
e. kesepakatan beramai-ramai
17. bahasa yang digunakan pada teks negosiasi ?
a. persuasif
b. memaksa
c.lembut
d. baku
e. cepat
18. yang tidak termasuk isi negosiasi adalah…
a. penutup
b. penawaran
c. permintaan
d. pemenuhan
e. persetujuan
19. “Ekspresi lancar” merupakan menilai melalui aspek…
a. isi
b. strukur
c. kosakata
d. kalimat
e. mekanis
20. arti dari “persuasif” adalah…
a. membujuk
b. lambat
c. cepat
d. memaksa
e. terbuka
Bentuk interaksi sosial yang berfungsi untuk mencari penyelesaian bersama diantara pihak-pihak yang mempunyai perbedaan kepentingan disebut ….a. Teks negoisasi
b. Teks eksposisi
c. Teks pidato
d. Teks negosiasi
e. Teks struktur teks
2. ……… negosiasi adalah untuk mengurangi perbedaan posisi setiap pihak
a. Tujuan b. Pengertian c. Cara d. Pemahaman e. Buku
3. Struktur teks negosiasi sederhana ..
a. Pembukaan^isi^penutup
b. Orientasi^permintaan^pemenuhan^penawaran^persetujuan^pembelian^penutup
c. Pembukaan^permintaan^isi^persetujuan^penutup
d. Orientasi^permintaan^penawaran^persetujuan^pembelian
e. Orientasi^permintaan^penawaran^persetujuan^pembelian^penutup
4. Struktur teks negosiasi secara signifikan/mendalam …
a. Pembukaan^isi^penutup
b. Orientasi^permintaan^pemenuhan^penawaran^persetujuan^pembelian^penutup
c. Pembukaan^permintaan^isi^persetujuan^penutup
d. Orientasi^permintaan^penawaran^persetujuan^pembelian
e. Orientasi^permintaan^penawaran^persetujuan^pembelian^penutup
5. Bahasa yang digunakan untuk membujuk,disebut….
a.bahasa denotasi c.bahasa konotasi e.bahasa sehari-hari
b.bahasa persuasif d.bahasa Indonesia
6. Menurut struktur teks setelah persetujuan adalah ….
a.pemenuhan b.pembelian c.permintaan d.penutup e.orientasi
7. Orientasi biasanya berada dibagian …
a.awal b.tengah c.pinggir d.akhir e.belakang
8. Pasangan tuturan,kecuali…
a. Mengucapkan salam-membalas salam
b. Menawarkan-menerima/menolak tawaran
c. Mengusulkan-menerima/menolak usulan
d. Bertanya – menjawab
e. Menaruh kasih
9. Negosiasi menghasilkan , kecuali …
a.kesepakatan c.penyelesaian e.pertengkaran
b.saling menguntungkan d.tujuan praktis
10. Dalam bernegosiasi harus dengan bahasa yang ….
a.santun b.kasar c.kejam d.marah e.tidak sopan
11. Kata negotiate adalah …
a.merundingkan c.merugikan e.merugikan
b.menyulitkan d.memudahkan
12. Pada struktur teks sederhana teks negosiasi dapat dikembangkan menjadi,kecuali….
a.penawaran c. pembelian e.pemenuhan
b. pengajuan d.penawaran
13. Biasanya bernegosiasi dilakukan di….
a.pasar b.pospolisi c.jalanan d.sekolah e.semua benar
14. Contoh bahasa santun dalam bernegosiasi adalah…
a.silahkan duduk c.ngapain kesini?! e. maunya apa!
b. pergi sana! d.cari aja sono!
15. Negosiasi mengupayakan agar sebuah program kerja/susulan tidak membuat seperti dibawah ini,kecuali…
a.ditinjau ulang c.ditolak e.diganti
b.diterima d.direvisi
16. Pernyataan yang tidak tepat dalam penyampaian pendapat dalam negosiasi adalah…
a. Menyampaikan pendapat dengan argumentasi yang benar
b. Menyampaikan pendapat dengan kalimat santun
c. Menyampaikan pendapat dengan ucapan-ucapan licik
d. Menyampaikan pendapat denga kalimat menarik
e. Menyampaikan pendapat yang dapat meyakinkan lawan bicara
17. Tidak menguasai pemasalah ,tidak ada substansi,tidak relevan,tidak layak dinilai.Merupakan penilaian terhadap….
a. Kalimat c. kosakata e.struktur teks
b. Isi d.mekanik
18. Konstruksi kompleks dan efektif,terdapat hanya sedikit kesalahn bahasa.Merupakan penilaian terhadap ……
a. Kalimat c. kosakata e.struktur teks
b. b.Isi d.mekanik
19. Ekspresi lancar ,gagsan terungkap padat,tertata baik ,urutan logis.Merupakan penilaian terhadap ….
a.Kalimat c. kosakata e.struktur teks
b.Isi d.mekanik
20. Kalimat penutup yang santun,kecuali …
a. terima kasih c.sampai jumpa e. Mati, mau beli apa?
b. samapi jumat d. have a nice day
1. Berikut ini yang bukan merupakan kiat untuk meyakinkan mitra bicara adalah . . . .
a. Menggunakan kalimat yang benar dan tepat
b. Menggunakan argumetasi yang rasional
c. Mengemukakan pendapat dengan sika kritis dan percaya diri
d. Mengemukakan pendapat secara subjektif (BERDASARKAN KEINGINAN)
e. Mengemukakan pendapat dengan sikap rasional
2. Berikut yang merupakan contoh kalimat perintah ajakan adalah . . . .
a. Kemi berharap Anda dating tepat waktu.
b. Bawa oleh-oleh ini untuk nenekmu.
c. Ayolah segera tidur, besok kita harus berangkat pagi.
d. Saya mohon kamu segera melunasi utangmu.
e. Tempat ini bukan untuk membuang sampah.
3. Kalau ada waktu, cariah buku itu segera!
Kalimat diatas tergolong perintah . . . .
a. Bersyarat
b. Sindiran
c. Biasa
d. Perintah
e. Mengizinkan
4. Pernyataan yang tidak tepat dalam penyampaian pendapat dalam negosiasi adalah . . . .
a. Menyampaikan pendapat dengan kalimat yang menarik
b. Menyampaikan pendapat dengan argumenmtasi yang benar
c. Menyampaikan pendapat dengan kalmat yang santun
d. Menyampaikan pendapat yang dapat meyakinkan mitra bicara
e. Menyampaikan pendapat dengan ucapan ucapan licik
5. Salah satu kiat untuk meyakinkan mitra bicara adalah menggunakan argumentasi yang bernalar atau . . . .
a. Praktis
b. Objektif
c. Subjektif
d. Realistis
e. Rasional
6. Cermatilah hal-hal berikut ini!
- Menggunakan intonasi lambat
- Menggunakan intonasi keras
- Menggunakan intonasi lembut
- Kata kerja menggunakan kata dasar
- Mempergunaka partikel pengeras – lah
Yang tergolong cirri-ciri kalimat perintah adalah .. . .
a. (iii), (iv), (v)
b. (i), (iii), (v)
c. (i), (ii), (iii)
d. (ii), (iv), (v)
e. (i), (iv), (v)
7. Dibawah ini yang bukan perintah berisi nasihat ialah . . . .
a. Mimpi indahlah dalam tidurmu!
b. Simpanlah baik-baik surat wasiat ini!
c. Jagalah bicaramu di mana saja kau berada.
d. Hendaknya selalu waspada dalam segala suasana
e. Berhati-hatilah selama dalam perjalanan!
8. Seorang negosiator harus mempunyai sifat berikut, kecuali . . . .
a. Terpecaya
b. Terampil bicara
c. Pemurah
d. Luwes
e. Supel
9. Berikut ini merupakan contoh perintah lisan sederhana, kecuali . . . .
a. Letakkan buku-buku pada tempatnya
b. Jakarta merupakan ibu kota Negara
c. Tolong buatkan nota penjualan
d. Kirim printer ini
e. Antarkan barang –barang ke surya market
10. Delam menyampaikan alasan bernegosiasi, diperlakukan sikap-sikap ini, kecuali . . .
a. Tak mau kalah
b. Semangat
c. Arif
d. Sabar
e. Penuh pengertian
Bacalah teks negosiasi berikut dengan saksama!(untuk soal no. 27-30)
Kain sarung ternyata tidak hanya digemari oleh masyarakat Indonesia, tetapi juga oleh masyarakat di Negara-negara lain, seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Flipina, hingga ke negeri Asia Tengah, seperti India, Pakistan, dan Bangladesh. Bahkan, masyarakat Negara-negara di kawasan Timur Tengah, seperti Saudi Arabia, Yaman, Dubai, dan Somalia sangat menggemari kain sarung untuk digunakan sebagai pelengkap pakaian sehari-hari.
Kain sarung asal Indonesia, menurut H. Sultoni (53), sangat digemari oleh orang-orang Somalia, Saudi Arabia, dan Yaman. Melihat potensi pasar kain sarung yang cukup besar di Kawasan Timur Tengah itu, pada tahun 2005 ia mengekspor kain sarung ke kawasan tersebut.
|
27. Ide pokok pada paragraf pertama kutipan teks tersebut adalah …
a. Masyarakat negara-negara di kawasan Timur Tengah menggemari kain sarung.
b. Malaysia, Brunei Darussalam, Flipina, hingga Asia Tengah, senang kain sarung.
c. Kain sarung ternyata tidak hanya digemari oleh masyarakat Indonesia.
d. Saudi Arabia, Yaman, Dubai, dan Somalia sangat menggemari kain sarung.
e. Kawasan Timur Tengah menggemari sarung sebagai pelengkap pakaian sehari-hari.
28. Pertanyaan yang sesuai dengan wacana tersebut adalah …
a. Mengapa kain sarung digemari oleh masyarakat Indonesia dan Kawasan Timur Tengah?
b. Bagaimanakah perkembangan perdagangan kain sarung di Kawasan Timur Tengah?
c. Bagaimanakah cara mengekspor kain sarung hingga ke Kawasan Timur Tengah?
d. Apakah keistimewaan kain sarung buatan Indonesia hingga ke Kawasan Timur Tengah?
e. Sampai di negara manakah selain Indonesia, kain sarung digemari oleh konsumennya?
29. Kutipan paragraf kedua teks negosiasi tersebut merupakan bagian …
a. Orientasi
b. Permintaan
c. Pemenuhan
d. Penawaran
e. Pembelia
30. Jika diperhatikan dari isinya, teks negosiasi tersebut dapat digolongkan pada jenis tulisan…
a. Narasi
b. Deskripsi
c. Eksposisi
d. Argumentasi
e. Persuasi
Perhatikan teks negosiasi berikut!
Penjual
Pembeli
Penjual
Pembeli
Penjual
Pembeli
Penjual
Pembeli
Penjual
Pembeli
|
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
|
Goodmorning, Mam. Selamat pagi.
Selamat pagi.
Mari, mau beli apa?
Ada patung Garuda Wisnu Kencana yang dibuat dari kayu?
Ya, ada. Di sebelah sana, yang besar atau yang kecil?
(penjual menunjukkan tempat patung yang ditanyakan pembeli)
Yang sedang saja. Yang dibuat dari kuningan ada?
Ya ini tidak terlalu besar. Tapi, terbuat dari kayu. Yang dari kuningan habis.
Ya, dari kayu tidak apa-apa.
(patung itu sudah di tangan pembeli dan ia mengamatinya dengan cermat)
Bagus itu, Mam. Cocok untuk dipakai sendiri atau untuk souvenir.
Saya pakai sendiri. Harganya berapa?
|
31. Percakapan antara penjual dan pembeli tersebut secara berurutan melalui penahapan …
a. Orientasi, permintaan, pemenuhan, penawaran
b. Orientasi, pemenuhan, permintaan, permintaan
c. Orientasi, penawaran, permintaan, pemenuhan
d. Orientasi, permintaan, penawaran, penutup
e. Orientasi, permintaan, pemenuhan, penutup
32. Isi percakapan tersebut adalah …
a. Negosiasi antara penjual dan pembeli
b. Telah terjadi negosiasi penjual dan pembeli
c. Sedang terjadi negosiasi antara penjual dan pembeli
d. Harga barang telah disepakati oleh penjual dan pembeli
e. Hampir saja terjadi negosiasi penjual dan pembeli
33. Bahasa yang digunakan oleh penjual dan pembeli merupakan fungsi bahasa sebagai …
a. Ekspresi
b. Komunikasi
c. Sosial
d. Ekspresi
e. deskripsi
34. Bagian tuturan yang dimiringkan dalam kutipan tersebut merupakan jenis bahasa …
a. Naratif
b. Deskriptif
c. Ekspositif
d. Argumentatif
e. Persuasif
Perhatikan teks negosiasi berikut dengan baik! (untuk soal 35-38)
Manajer
David
Manajer
David
|
:
:
:
:
|
Tetapi, tanda tangan ini seperti tanda tangan Bapak.
Bukan. Ini bukan tanda tangan saya.
Coba saya cek sekali lagi. Oh, maaf, saya mohon maaf. Ada orang lain lagi yang bernama David, sama dengan nama Bapak. Beliau bersama isrinya makan malam di restoran hotel ini tadi malam. Jadi, itu bukan Bapak. Saya betul-betul mohon maaf atas kesalahpahaman ini.
Ya, tidak apa-apa.
|
35. Percakapan dalam teks negosiasi tersebut sesuai jika diberi judul …
a. Kesimpangsiuran
b. Ketidakmengertian
c. Kebelumtahuan
d. Kesalahpahaman
e. Kesalahsangkaan
36. Penahapan proses negosiasi antara Manajer dengan David adalah sebagai berikut …
a. Meminta-menolak permintaan-pemenuhan-penutup
b. Menyuruh-memenuhi suruhan-pemenuhan-penutup
c. Mengancam-menolak ancaman-pemenuhan-penutup
d. Mengancam-menerima ancaman-pemenuhan-penutup
e. Memberi informasi-menolak informasi-pemenuhan-penutup
37. Akhir dari negosiasi tersebut adalah …
a. Permasalahan salah paham masih mengambang
b. Permasalahan belum dapat diselesaikan kedua pihak
c. Telah terjadi penyelesaian yang dapat dimaklumi
d. Telah terjadi kesepakatan antara penjual dan pembeli
e. Telah terjadi kesepakatan penyelesaian kesalahpahaman
38. Akhir dari teks negosiasi tersebut dapat diceritakan kembali dalam bentuk monolog sebagai berikut …
a. Meskipun demikian, David masih canggung untuk memaafkan atas kecerobohan manajer.
b. Akhirnya, manajer hotel itu meminta maaf kepada David. Tentu saja, David memaafkannya.
c. Sesaat David berpikir apakah ia akan member maaf kepada sang manajer atau tidak.
d. Bagaimanapun manajer itu adalah manusia biasa, karenanya David tulus memaafkannya.
e. Manajer sangat berharap agar David tamu hotelnya memberikan maaf untuknya.
Bacalah teks berikut dengan cermat! (untuk soal 39-40)
Dengan surat ini saya ingin mengajak Tuan untuk bekerja sama. Saya mempunyai kain batik tulis yang berkualitas dengan harga yang murah. Berikut ini saya kirimkan beberapa contoh kain tersebut beserta daftar harganya.
|
39. Kutipan tersebut merupakan bagian …. dari teks negosiasi.
a. Orientasi
b. Pengajuan
c. Penawaran
d. Persetujuan
e. Penutup
40. Kutipan tersebut merupakan contoh surat …
a. Permintaan
b. Perjanjian
c. Penawaran
d. Persetujuan
e. Penolakan
1. Yang tidak termasuk struktur dari teks negosiasi adalah… a. Orientasi b. Permintaan c. Penawaran d. Persetujuan e. Penghiburan
2. Bentuk interaksi social yang berfungsi untuk mencari penyelesaian bersama diantara pihak-pihak yang mempunyai perbedaan kepentingan adalah pengertian dari… a. Negosiasi b. Cerita singkat c. Anekdot d. Prosedur kompleks e. Pembuka
3. Tindakan yang dilakukan pertama kali agar negosiasi berjalan lancar adalah … a. Membandingkan beberapa pilihan b. Mengajak membuat kesepakatan c. Menetapkan dan menegaskan kembali tujuan negosiasi d. Memberikan alas an mengapa harus dibuat ksepakatan e. Mengevaluasi kekuatan dan komitmen bersama
4. Tujuan dilakukannya negosiasi adalah untuk mencapai… a. Memberikan informasi b. Kesenangan semata c. Keuntungan tersendiri d. Kepentingan orang lain e. Kesepakatan bersama
5. “mengucapkan salam-membalas salam” merupakan … dalam teks negosiasi. a. Pembuka b. Sapaan c. Pasangan tuturan d. Tatacara bertamu e. Penutup
6. 1.)orientasi 3.)penawaran 5.) pemenuhan 7.) permintaan 2.) persetujuan 4.) penutup 6.) pembelian Susunan struktur teks negosiasi yang tepat adalah…
2. a. 1-7-3-5-2-6-4 b. 1-7-5-3-2-6-4 c. 1-7-5-3-2-4-6 d. 2-7-5-3-1-6-4 e. 1-7-5-3-2-6-4
7. cirri-ciri negosiasi apabila ddilihat dari seginya, kecuali.. a. Mengarah pada tujuan praktis b. Memprioritaskan kepentingan bersama c. Menghasilkan keputusan yang saling menguntungkan d. Menghasilkan kesepakatann e. Memberikan hiburan
8. bahasa yang digunakan untuk membujuk dalam teks negosiasi adalah .. a. Imperative b. Ekspresif c. Persuasif d. Interogatif e. Deklaratif
9. bahasa yang digunakan untuk menyatakan sesuatu dalam teks negosiasi adalah … a. Imperative b. Ekspresif c. Persuasif d. Interogatif e. Deklaratif
10. kalimat yang digunakan untuk menanyakan sesuatu dalam teks negosiasi adalah … a. Imperative b. Ekspresif c. Persuasif d. Interogatif e. Deklaratif
11. konflik pada negosiasi biasanya terjadi pada bagian … a. Orientasi b. Penawaran c. Persetujuan d. Pembelian e. Penutup
12. “ ini sudah murah, ma’am. Di tempat lain lebih mahal. “ kalimat tersebut adalah kalimat … a. Persuasif b. Introgatif c. Deklaratif d. Ekspresif e. Imperative
13. negosiasi memprioritaskan kepentingan … a. Bersama b. Keluarga c. Teman d. Kelompok e. Sahabat
14. negosiasi dapat dilakukan di … a. Pasar b. Toko c. Sekolah d. Tempat umum e. Semua benar
15. orientasi sama saja dengan a. Pembuka b. Penutup c. Isi d. penawaran e. Perserujuan
16. negosiasi dapat dilakukan beberapa orang, kecuali … a. Sendiri b. 2 orang c. 12 orang d. 20 orang e. 5 orang
17. cara yang tepat untuk meyakinkan pihak lain dalam bernegosiasi adalah … a. Dengan emosional b. Mengemukakan pendapat dengan bijak c. Menggunakan ancaman dan kekerasan d. Mengjhina pihak lain e. Bersikap tidak peduli dengan pihak lain
18. proses tawar-menawar antara dua pihak atau lebih, disebut … a. Debat b. Tanya jawab c. Ngobrol d. Negosiasi e. Diskusi
19. struktur negosiasi secara umum adalah … a. Pembuka^isi^penutup b. Pernyataan umum^aspek yang dilaporkan c. Tujuan^langkah-langkah untuk mencapai suatu tujuan d. Tesis^argumentasi^pernyataan pendapat e. Abstraksi^orientasi^krisis^reaksi^koda
20. yang merupakan negosiasi adalah… a. Diskusi di kelas b. Tawar-menawar dalam jual-beli c. Lomba debat d. Tanya-jawab e. Perbincangan politik
- bentuk interaksi sosial yang berfungsi untuk mencari penyelesaian bersama diantara pihak-pihak yang terlibat dan mempunyai perbedaan kepentingan disebut..a. anekdotb. eksposisic. prosedur kompleksd. laporane. negosiasi
- struktur teks negosiasi pada suatu dialog sederhana terdiri dari...a. tujuan,langkah-langkahb. tesis,argumentasic. pembukaai,isi,penutupd. klasifikasi,anggota dilaporkane. abstrak, orientasi, krisis
- negosiasi dapat dilakukan antara negara satu dengan negara lainnya pada skala..a. pendekb. besarc. kecild. sedange. tingi
- pada skala kecil, negosiasi hanya dapat dilakukan oleh...a. bos dan karyawanb. karyawan satu dengan karyawan lainnyac. pedagang dan pembelid. pelaku usaha satu dengan pelaku usaha lainnyae. wakil dan ketua
- mengurangi perbedaan merupakan .... dari negosiasia. fungib. tujuanc. strukturd. manfaate. pendapat
- ciri-ciri negosiasi yang dilihat segi isinya yaitu,kecuali ..a. menghasilkan keputusan yang saling merugikanb. mendapatkan kesepakatanc. mengarah tujuan praktisd. memprioritas kepentingan bersamae. tempat mencari penyelesaian
- hal yang perlu diperhatikan sebelum mengakhiri negosiasi adalah...a. cuaca alamb. emosic. kekuatan tawar-menaward. tingkat ekonomie. tingkat permasalahan
- unsur-unsur negosiasi...a. ada perkelahianb.ada kemauanc.ada penganiayaand.ada perundingane. ada pelecehan
- salah satu strategi dalam negosiasi ...a. sabar - kalahb. menang - kalahc. menang - sabard. mampu - menange. kalah - mampu
- yang termasuk struktur teks negosiasi asli ..a. orientasib. abstrakc. tesisd. argumentasie. koda
- salah satu ciri kebahasaan teks negosiasi yaitu menggunakan...a. kalimat kompleksb. verba materialc. bahasa bakud. bahasa persuasife. bahasa kamus
- salah satu syarat terjadinya negosiasi...a. menyanggah dengan bahasa yang santunb. adanya perkelahianc. adanya perbedaan kepentingan pada pihak yang terlibatd. merugikan pihak-pihak yang terlibate. mencari solusi masalah
- negosiasi adalah suatu cara mencapai kesepakatan melalui diskusi formal. pendapat tersebut dikemukakan di kamus...a. negosiationb. moneyc. KBBId. Indonesiae. Oxford
- yang termasuk gaya - gaya negosiasi, kecuali...a. kontrollerb. promoterc. analitikald. fasilitore. kooperatif
- ketrampilan dasar dalam bernegosiasi, kecuali...a. harus sabarb. tidak mampu beradabtasic. memiliki selera humord. memiliki daya tahane. mempunyai artikulasi
- yang termasuk proses negosiasi, kecuali...a. terjadi kesepakatanb. menyampaika gagasan dengan kalimat santunc. menyanggah pembicaraan dengan santund. mengemukakan pendapat dengan santune. terjadi perpecahan
- orang yang melakukan negosiasi disebut...a. kolektorb. fasilitatorc. koruptord. negosiatore. seniman negosiasi
- macam-macam negosiasi terdiri dari negosiasi.... dan negosiasi ..a. promoter, fasilitatorb kooperatif, promoterc. kooperatif, fasiltatord. promoter, kontrollere. kontroller, kooperatif
- yang termasuk manfaat dari negosiasi, kecuali...a. kesepakatan bersama dan menguntungkanb. keekfektifan mencapai tujuanc. menjembati perbedaan pendapatd. menyepakati tujuan bersamae. menyelesaikan masalah tanpa perbedaan
- pasangan tuturan yang terdapat dalam negosiasi,kecuali...a. bertanya - menjawabb. meminta - memenuhic. mengucap salam - membalas salamd. mengusulka - menyarankane. menawarkan - menerima
MATERI NEGOISASI
Pilihlah jawaban yang paling tepat !
Berikut cara-cara yang dilakukan untuk menghindari hal-hal yang dapat merugikan kedua belah
pihak :
1) Menyesuaikan pembicaraan kea rah tujuan praktis.
2) Mengakomodasi butir-butir perbedaan dari kedua belah pihak.
3) Mengajukan pandangan baru dan mengabaikan pandangan yang sudah ada tanpa
4) Tidak mengalokasikan tugas dan tanggung jawab masing-masing.
5) Memprioritaskan dan mengelompokkan saran antara pendapat dari kedua belah pihak.
1. Suatu cara untuk mencapai kesepakatan melalui diskusi formal merupakan pengertian dari….
A. Negosiasi
B. Teks Deskripsi
C. Transaksi
D. Musyawarah
E. Teks prosudur
2. Tujuan yang harus di capai pada negosiasi kooperatif adalah…
A. Untuk mendapatkan tawaran yang lebih baik
B. Untuk meraih keuntungan dalam jumlah besar
C. Untuk mencapai solusi yang terbaik
D. Untuk menyelesaikan masalah
E. Untuk meraih kesuksesan
3. Berikut ini yang merupakan tujuan negosiasi yaitu…
A. Mencari keadilan
B. Mencapai kemakmuran
C. Mencapai kesepakatan
D. Untuk mencari masalah
E. Mencari pelanggan
4. Yang bukan merupakan penyampaian negosiasi memenuhi kriteria ialah …
A. Subjektif
B. Logis
C. Sistematis
D. Mendalam
E. Lugas
5. Persayaratan yang harus dimiliki oleh seseorang untuk melakukan negosiasi adalah….
A. banyak kawan
B. di takuti oleh pihak lawan
C. banyak berbicara yang tidak jelas
D. mempunyai kemampuan berkomunikasi
E. acuh tak acuh
6. Rencana mengenai berbagai persiapan dalam rangka mengantisipasi berbagai masalah dan
segala kemungkinan yang terjadi dalam suatu perdagangan, merupakan pengertian dari….
A. Negosiasi dalam jual-beli
B. Partisiapasi negosiasi
C. Strategi negosiasi
D. Penyebab negosiasi
E. Struktur negosiasi
Teks di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 7 – 8
Mina : Pindahkan saja jadwal tugas ke Bandung itu. Memang tidak bisa, Del?
Dela : Terus terang saya tidak bisa menolak kalau ada tugas dari Pak Hasan. Takut tersinggung.
memalukan kedua belah pihak.
Mina : Yah, kamu. Saya bukannya tidak memahami persoalan kamu itu. Kalau kunjungan kita
Kalau dengan kamu pasti tidak, kan? Makanya saya meminta jadwal kungjungan ke Bima
Sakti itu yang digeser.
digeser akan merembet pada jadwal-jadwal yang lain. Belum lagi kita harus konfirmasi
lagi ke Bima Sakti. Itu, kan, sebuah persoalan. Belum tentu menyetujuinya.
7. Contoh kalimat penolakan dalam cuplikan di atas adalah ….
A. Terus terang saya tidak bisa menolak kalau ada tugas dari Pak hasan.
B. Makanya saya meminta jadwal kungjungan ke Bima Sakti itu yang digeser.
C. Saya bukannya tidak memahami persoalan kamu itu.
D. Kalau kunjungan kita digeser akan merembet pada jadwal-jadwal yang lain.
E. Belum lagi kita harus konfirmasi lagi ke Bima Sakti.
8. Contoh kalimat yang mengandung argumentasi
A. Takut tersinggung
B. Itu, kan, sebuah persoalan.
C. Pindahkan saja jadwal tugas ke bandung itu.
D. Makanya saya meminta jadwal kunjungan ke Bima Sakti itu yang digeser
E. Kalau kunjungan kita digeser akan merembet pada jadwal-jadwal yang lain
Bacalah teks negosiasi berikut ini untuk soal nomor 9 dan 10
Fitri : Seperti yang ada di iklan Koran, Saya ingin beli laptop tersebut, masih ada?
Penjual : Masih ada Mbak.
Fitri : Berapa harganya dan apa saja fitur yang tersedia dalam laptop tersebut?
Penjual : Harganya Rp. 4.500.000,00 Mbak, fiturnya ada wifi, Bluetooth, Slot memory card,
Fitri : kalau spesifikasi laptopnya bagaimana?
Penjual : Memori 4 GB, processor Intel Core i7, kapasitas hardisk 1 TB, dan layar LED 14
Fitri : Cukup bagus juga, ada diskon tidak Mas?
Penjual : Kebetulan untuk produk laptop sedang ada promo diskon 15% Mbak, hadi harga
Fitri : Yaah mahal banget, bagaimana kali Rp. 3.500.000 saja Mas?
Penjual : Kalau Rp. 3.500.000,00 belum bisa Mbak, paling harga pasnya Rp. 3.650.000,00,
Fitri : Biar pas bagaimana kalau Rp. 3.600.000,00 saja Mas?
Penjual : Baik Mbak boleh saja.
Fitri : Baik Mas nanti saya transfer uangnya.
Penjual : Baik terima kasih mbak.
9. Abstraksi yang sesuai dengan teks negosiasi diatas adalah ….
A. Fitri tertarik dengan laptop yang di iklankan di Koran. Laktop tersebtu dijual dengan harga
empat juta setengah. Namun karena sedang ada diskon 15% maka harganya menjadi tiga
juta enam ratus lima puluh ribu rupiah. Fitri menawar harga laptop itu digenapkan menjadi
tiga juta lima ratus rupiah. Akhirnya penjual menyepakati harga yang ditawarkan Fitri.
B. Fitri tertarik dengan laptop yang diiklankan di Koran. Fitri menawar harga laptop itu
digenapkan menjadi tiga juta lima ratus ribu rupiah. Akhirnya penjual menyepakati harga
yang ditawarkan Fitri.
C. Fitri tertarik dengan laptop yang di iklankan di Koran. Laptop tersebut dijual dengan harga
empat juta setengah. Namun karena sedang ada diskon 155 maka harganya menjadi tiga
juta enam ratus lima puluh ribu rupiah. Namun penjual tidak menyepakatinya, ia
menawarkan harga tiga juta enam ratus ribu rupiah pada Fitri. Akhirnya fitri menyepakati
harga yang ditawarkan penjual.
D. Fitri tertarik dengan laptop yang di iklankan di Koran. Laptop tersebut dijual dengan harga
empat juta setengah. Namun kaerna sedang ada diskon 155 maka harganya menjadi tiga
juta enam ratus lima puluh ribu rupiah. Akhirnya penjual menyepakati harga yang
ditawarkan Fitri.
E. Fitri tertarik dengan laptop yang di iklankan di Koran. Laptop tersebut dijual dengan harga
empat juta setengah. Fitri menawar harga laptop itu digenapkan menjadi tiga juta lima ratus
ribu rupiah. Akhirnya penjual menyepakati harga yang ditawarkan Fitri.
10. Kata yang tidak baku dalam percakapan negosiasi diatas adalah ….
A. jika, dan banget C. diskon dan harga e. Jika dan laptop
B. jika dan inci d. diskon dan laptop
dan webcam.
inci.
Rp. 3.85.000,00 saja Mbak.
bagaimana?
11. berikut yang tidak termasuk kalimat negosiasi adalah …
A. yaah mahal betul bagaimana jika Rp. 3.500.000,00 saja?
B. Kalau Rp. 3.500.000,00 belum bias Mbak, paling harga pasnya Rp. 3.650.000,00, bagaimana?
C. Biar pas bagaimana jika Rp. 3.600.00,00 saja ya Mas?
D. Cukup bagus juga, ada diskon tidak Mas?
E. Kalau spesifikasi laptopnya bagaimna?
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal 12 – 13
Adam : “Kita belajar kelompok nanti malam di rumahku.” (1)
Hasan : “Ide bagus, tapi, jika di rumahku saja. Rumah kamu jauh.” (2)
Adam : “Pakai motorlah, Paling tidak setengah jam juga sampai” (3)
Hasan : “Motornya lagi dipakai Kakak. Sudahlah di rumah saya saja, ya? (4)
Adam : “Yaah, bagaimana, ya?” (5)
12. Tujuan utama negosiasi termuat dalam penyataan ….
A. (1) D. (4)
B. (2) E. (5)
C. (3)
13. Pernyataan yang memuat sanggahan ditandai nomor ….
A. (1) dan (2) d. (2) dan (4)
B. (2) dan (3) e. (3) dan (5)
C. (2) dan (3)
14. Konflik mulai terjadi pada pernyataan ….
A. (1) D. (4)
B. (2) E. (5)
C. (3)
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 15 – 17
Adam : “Benar, nih? Akan di sediakan makanan?” (1)
Hasan : “Dijamin!” (3)
Adam : “Baiklah kalau begitu. Nanti malam aku yang datang ke rumahmu! Tapi ... (4)
Hasan : “Iya, makanan apapun yang kamu inginkan akan saya sediakan. Mau kerupuk,
gorengan, lalap-lalapan. Air putih …(5)
15. Kosakata percakapan terdapat dalam pernyataan ….
A. (1) dan (2) D. (4) dan (5)
B. (2) dan (3) E. (1) dan (5)
C. (3) dan (4)
16. Ragam bahasa tidak baku teradpat dalam pernyataan ….
A. (1) D. (4)
B. (2) E. (5)
C. (3)
17. Berikut kalimat yang mengalami pelepasan adalah ….
A. Benar, nih?
B. Akan disediakan makanan.
C. Nanti malam aku yang dating kerumahmu.
D. Makanan apa pun yang kamu inginkan akan aku sediakan.
E. Kamu mau kerupuk, gorengan, lalapan?
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 18 – 19
Pak Tigo : “Bagaimana, ya? Saya dan warga di sini sesungguhnya tidak memerlukan
Satria : “Jadi, setengah hari penuh kami harus mendorong mobil-mobil ini? Gila, apa?
makanan-makanan itu karena di kampung kami pun banyak. Kami tidak
kekurangan makanan. Tapi, demi kemanusiaan, silahkan kalian melewati
kampung ini dengan syarat kendaraannya tidak boleh dihidupkan.”
Daripada mati konyol gara-gara mendorong-dorong mobil-mobil ini, akan kami
biarkan semuanya di sini. Kami akan berjalan kaki saja. Yang sakit akan kami
tandu.”
Pak Tigo : “Terserah kalian, tapi itu jalan tengah yang bisa saya putuskan.”
18. Strategi yang dilakukan Satria untuk memuluskan negosiasinya adalah ….
A. mengancam D. membuat agenda
B. memanipulasi E. melibatkan pihak lain
C. memberikan jaminan
19. Strategi negosiasi yang digunakan Pak Tigo dalam cuplikan percakapan tersebut adalah ….
A. mengancam D. memberikan jaminan
B. memanipulasi E. melibatkan pihak lain
C. membuat agenda
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 20 – 21
Ani : “Bisa bicara sebentar, Pak?” (1)
Pak Rino : “Ada apa, ya?” (2)
ANi : “Begini, Pak. Saya, ‘kan, sudah cukup lama bekerja di perusahaan ini. Boleh
Pak Rino : “Memang kamu sudah berapa tahun kerja di sini?” (4)
Ani : “Masa Bapak lupa? Saya sudah sekitar tiga tahun di sini dan sejak masuk
saya meminta kenaikan gaji?” (3)
belum pernah mengalami kenaikan gaji.” (5)
20. Pernyataan yang berisi penyampaian maksud negosiasi ditandai dengan nomor ….
A. (1) D. (4)
B. (2) E. (5)
C. (3)
21. Agar lebih santun, pernyataan (1) dapat dilengkapi dengan kata ….
A. kita D. apakah
B. maaf E. bagaimana
C. sebaiknya
22. Pernyataan yang mengandung argumentasi ditandai dengan nomor ….
A. (1) D. (4)
B. (2) E. (5)
C. (3)
bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 23 – 24
Ani : “Yang lazim di perusahaan ini berapa kenaikannya?” (1)
Pak Rino : “Ya, Bos pasti sudah tahu standarnya. Kita jangan menentukan sembarangan
supaya enak pada semua pihak dan kita pun harus mengingat jangka panjang
kita bekerja di sini.” (2)
saya merasa diperhatikan dan dihargai.” (3)
Ani : “Betul!, Pak. Saya paham. Yang penting, gaji saya naik dan hal itu menyebabkan
Pak Rino : “Baiklah, Senin depan temui saya lagi untuk kepastian kabarnya.” (4)
Ani : “Baik. Terima kasih, Pak.” (5)
23. Pernyataan yang menyatakan persetujuan dinyatakan dengan nomor ….
A. (1), (2) D. (4), (5)
B. (2), (3) E. (1), (5)
C. (3), (4)
24. Pernyataan tersebut mengandung suatu penolakan, namun secara harus. Pernyataan yang
dimaksud ada pada nomor ….
A. (1) D. (4)
B. (2) E. (5)
C. (3)
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 25 – 26
Yusuf : ”Jadinya, tentang permohonan cuti saya, bagaimana, Bu?” (1)
Bu Nia : “O, Iya. Berapa lama maunya memang, Sufi?” (2)
Yusuf : “Kalau boleh, ya, dua minggu, Bu.” (3)
Bu Nia : “Itu terlalu lama. Di perusahaan kita,’kan, lagi banyak-banyaknya pekerjaan.”
(4)
Yusuf : “Iya, betul. Jadi, berapa lama ibu mengizinkan saya cuti?” (5)
25. Kalimat yang merupakan negosiasi cuplikan di atas adalah ….
A. Bu Nia tidak mengizinkan Yusuf mengambil cuti.
B. Yusuf mendesak Bu Niar agar ia mendapatkan cuti selama dua minggu.
C. Permohonan cuti Yusuf ditolak Bu Nia karena waktunya terlalu lama.
D. Yusuf menginginkan mendapat cuti selama dua minggu, tetapi Bu Nia mengatakan itu terlalu
lama.
E. Cuplikan percakapan itu menceritakan perselisihan paham antara karyawan dengan
pemimpinnya.
26. Bentuk tak langsung dari pernyataan (1) adalah ….
A. Yusuf mentakan bahwa ia memohon untuk bisa cuti.
B. Yusuf mengutakan keinginan untuk cuti pada Bu Nia.
C. Yusuf berkata bahwa ia ingin memperoleh cuti dari Bu Nia.
D. Yusuf bertanya pada Bu Nia atas tangagpan tentang permohonan cutinya.
E. Yusuf memohon pada Bu Nia atas cuti yang disampaikan.
Teks di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 27 – 28
Nana : Maaf, Pak. Kalau boleh tahu, deadline pekerjaan itu memang berapa hari? (1)
Pak : ya, 2 – 3 hari, Na. Makanya …. (2)
Nana : Nah, berarti ada satu hari untuk menyelesaikannya. Saya sanggup, Pak. (3)
Pak : kalau tergesa-gesa, nanti pekerjaanya tidak sempurna, Na! (4)
Nana : saya maksimalkan, Pak. Nanti hasilnya bisa Bapak lihat! (5)
27. Kalimat yang menyatakan keraguan ditandai dengan nomor ….
A. (1) D. (4)
B. (2) E. (5)
C. (3)
28. Kalimat berikut bertujuan untuk memengaruhi mitra bicara. Kalimat yang dimaksud adalah ….
A. (1) dan (2) D. (4)
B. (2) dan (3) E. (5)
C. (3) dan (4)
Teks di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 29 – 30
Pak Agus : Begini saja. Kamu tidak boleh pindah kerja. Biar saya yang membereskan orang-
Hana : Ya, nanti masalahnya menjadi pelik, Pak, karena susah untuk membuktinya.
Pak Agus : Iyalah, saya punya cara tersendiri untuk menyelesaikan masalah kamu ini. Pokoknya,
orang yang suka memfitnah kamu.
kamu tetap bekerja di bagian keuangan dan jangan dengarkan ocehan orang. Di
bidang pekerjaan apapun, orang berpikiran negative pasti ada saja.
Hana : Baik, Pak, kalau begitu. Saya akan berusaha tetap bertahan.
29. Kalimat yang menyatakan penawaran adalah ….
A. Kamu tidak boleh pindah kerja.
B. Biar saya yang membereskan orang-orang yang suka memfitnah kamu itu.
C. Ya, nanti masalahnya menjadi pelik, Pak, karena susah untuk membuktikannya.
D. Iyalah, saya punya cara tersendiri untuk menyelesaikan masalah kamu ini.
E. Pokoknya, kamu tetap bekerja di bagian keuangan dan jangan dengarkan ocehan orang.
30. Evaluasi yang tepat berkaitan dengan teks di atas adalah
A. Negoisasi di atas berakhir dengan kegagalan dari negosiator 1 dalam mencapai maksudnya.
B. Dari aspek kebahasan, teks tersebut sudah cukup bagus karena tidak terlalu banyak
penggunaan bahasa tidak bakunya.
C. Banyak sekali penggunaan kalimat tidak efektif dalam teks tersebut sehingga pemahaman
pembaca menjadi terganggu.
D. Ada kata-kata yang salah penulisannya dalam percakapan tersebut, terutama di dalam
penggunaan huruf capital.
E. Struktur dan kaidah negosiasi di dalam cuplikan tersebut sudah lengkap, sesuai dengan
ketentuan yang berlaku.
Teks di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 31 – 32
Lisa : Seperti yang ada di iklan, enam juta.
LIna : itu harga untuk orang lain. Harga persahabatan, lima juta, ya!
Rita : yaah, jauh sekali. Tidak ! itu sudah murah, tidak. Bisa kamu banding-banding. Tahun
Lina : jadi, benar ya tidak bergeser harganya?
Rita : bagaimana, ya? Bisa turun, tapi lunas, ya, bayarnya!
31. Konflik yang terjadi di dalam cuplikan tersebut berkenaan dengan ….
A. Perbedaan harga D. pergeseran harga
segitu rata-rata yang lain ya harganya enam juta lebih.
B. Peningkatan harga E. penetapan harga
C. Perbandingan harga
32. Ringkasan untuk cuplikan di atas adalah ….
A. Rita menginginkan harga motornya enam juta, tapi Lina ingin rendah lagi.
B. Harga motor Lina terlalu mahal, jadinya Rita tidak jadi membelinya.
C. Rita menjual harga motornya di bawah harga pasar, namun tetap tidak laku.
D. Rita perlu membanding-bandingkan harga motor sehingga tahu harga yang sebenarnya.
E. Perbedaan harga motor menyebabkan timbulnya perselisihan antara penjual dengan
pembelinya.
33. Kata yang tidak baku dalam kutipan di atas adalah, kecuali ….
A. Harganya D. banget
B. Gak E. gimana
C. Banding-banding
34. Berikut ini yang merupakan satu diantarannya serangkaian kegiatan yang dilakukan agar
negeosiasi berjalan lancar adalah….
A. Mengajak untuk membuat kesepakatan
B. Tidak menguji pandangan yang dikemukakan
C. Tidak adanya kesepakatan
D. Memaksakan kehendak
E. Menolak saran dari pihak lain.
35. Berikut yang bukan merupakan empat komponen utama suatu percakapan dapat
disebut diskusi adalah
A. Ada moderator yang memimpin diskusi.
B. Mengemukakan masalah yang akan didiskusikan.
C. Ada masalah yang memerlukan pemecahan.
D. Ada notulis yang bertindak sebagai pencatat perbincangan.
E. Ada peserta yang membahas atau memecahkan masalah.
36. Satu diantara cara untuk membangkitkan kepercayaan dalam
bernegosiasi adalah ….
A. Mengemukakan sisi negatif suatu gagasan.
B. Menarik suatu kesimpulan bedasarkan fakta.
C. Memahami betul program kerjanya.
D. Menarik simpati pihak kedua (mitra negosiasi).
E. Memikat lawan bicara kita
37. Yang bukan merupakan tindakan yang dilakukan agar negosiasi berjalan lancar adalah …
A. Membandingkan beberapa pilihan
B. Memperjelas dan menguji pandangan yang dikemukakan
C. Mengevaluasi kekuatan dan komitmen bersama
D. Menyesuaikan pembicaraan ke arah tujuan praktis
E. Menetapkan dan menegaskan kembali tujuan negosiasi
38. Di bawah ini pernyataan yang tidak tepat dalam penyampaian pendapat dalam negosiasi adalah
…
A. Menyampaikan pendapat dengan ucapan – ucapan yang tidak sopan
B. Menyampaikan pendapatan dengan argumentasi yang benar
C. Menyampaikan pendapat dengan kalimat yang menarik
D. Menyampaikan pendapat dengan kalimat yang santun
E. Menyampaikan pendapat yang dapat menyakitkan
39. Proses tawar – menawar dengan jalan berunding guna mencapai kesepakatan bersama antara
satu pihak (kelompok atau organisasi) dan pihak (kelompok atau organisasi) yang lain disebut
juga …
A. Debat
B. Bercakap – cakap
C. Diskusi
D. Negosiasi
E. Tanya jawab
40. Untuk mendapatkan atau mencapai kondisi saling menguntungkan dimana masing – masing
pihak merasa menang (win – win solution).
Kalimat diatas merupakan …
A. Struktur negosiasi
B. Manfaat negosiasi
C. Ciri – ciri negosiasi
D. Pengertian negosiasi
E. Tujuan negosiasi
41. Negosiasi merupakan kata serapan bahasa inggris yang berasal dari kata negotiate yang
berarti….
A. Merundingkan
B. Berdebat
C. Konflik
D. Tanya jawab
E. Diskusi
42. Siapa yang diuntungkan dari bernegosiasi…
A. kedua pihak
B. pihak pertama
C. masyarakat
D. distributor
E. konsumen
43. Rencana mengenai berbagai persiapan dalam rangka mengantisipasi berbagai masalah dan
segala kemungkinan yang terjadi dalam suatu perdagangan, merupakan pengertian dari….
A. Negosiasi dalam jual-beli
B. Partisiapasi negosiasi
C. Strategi negosiasi
D. Penyebab negosiasi
E. Struktur negosiasi
44. Yang bukan merupakan sebab terjadinya negosiasi adalah....
A. ada pihak yang berkepentingan
B. ada suatu masalah yang harus di perundingkan
C. ada keinginan untuk mencapai suatu kemufakatan
D. ada upaya untuk menjaga kehormatan masing-masing pihak
E. adanya hasutan dari orang lain
45. Berikut ini yang bukan merupakan ciri-ciri dari teks negosiasi adalah…
A. Negosiasi menghasilkan kesepakatan
B. Negosiasi mengarah pada tujuan praktis
C. Negosiasi menghasilkan keputusan yang saling menguntungkan
D. Negosiasi merupakan sarana untuk mencari penyelesaian
E. mengajak untuk membuat kesepakatan
46. Jika dalam suatu negosiasi, pihak anda tidak memenangkan negosiasi, yang tidak selayaknya
anda lakukan adalah....
A. Menyadari bahwa pihak anda memang masih banyak kekurangan
B. Menerima dengan sikap positif
C. Memperjuangkannya lagi dilain kesempatan
D. Mengusahakan jalan pintas yang licik
E. Menghargai keputusan yang telah disepakati
47. Rencana mengenai berbagai persiapan dalam rangka mengantisipasi berbagai masalah dan
segala kemungkinan yang terjadi dalam suatu perdagangan, merupakan pengertian dari ….
A. Negosiasi dalam jual beli
B. Partisipasi negosiasi
C. Strategi negosiasi
D. Penyebab negosiasi
E. Struktur negosiasi
48. Berikut ini keinginan untuk mencapai suatu kesepakatan, yang merupakan bagian dari….
A. penyebab negosiasi.
B. persyaratan negosiasi
C. kegiatan dalam negosiasi
D. strategi bernegosiasi
E. pendistribusian
49. Berikut ini yang tidak termasuk tindakan yang dilakukan agar negosiasi berjalan lancar adalah....
A. Mengajak untuk membuat keputusan
B. Membandingkan beberapa pilihan
C. Mengevaluasi kekuatan dan komitmen bersama
D. Memberi Pendapat
E. Memberi alasan mengapa harus ada kesepakatan
50. Soal Tentang Negosiasi merupakan pernyataan yang tidak benar dalam bernegosiasi
adalah ....
A. Usaha berdiskusi tidak berdebat dan hindari pula konfrontasi,percecokan,dan
perseturuan.
B. Sebelum bernegosiasi, orang yang bernegosiasi harus melakukan persiapan.
C. Pakailah segala cara untuk memeangkan negosiasi
D. Orang yang bernegosiasi harus saling menghormati
E. Orang yang bernegosiasi harus mematuhi peraturan.
51. Jika dalam suatu negosiasi, pihak anda tidak memenangkan negosiasi, yang tidak
selayaknya anda lakukan adalah ....
A. Menyadari bahwa pihak anda memang masih banyak kekurangan.
B. Menerima dengan sikap positif.
C. Memperjuangkan lagi dilain kesempatan.
D. Mengusahakan jalan pintas yang licik.
E. Menghargai keputusan yang telah disepakati.
52. Penyelesaian sengketa secara damai melalui perundingan antara pihak yang bersengketa
disebut ....
A. Ultimatum.
B. Diplomasi
C. Negosiasi
D. Intimidasi
E. Konfrontasi.
53. Proses tawar-menawar dengan jalan berunding guna mencapai kesepakatan bersama
antara satupihak (kelompok atau organisasi) dan pihak (kelompok atau organisasi) yang
lain disebut ....
A. Debat.
B. Tanya jawab.
C. Bercakap-cakap.
D. Diskusi.
E. Negosiasi.
54. Pernyataan yang tidak tepat dalam penyampaian pendapat dalam negosiasi adalah ....
A. Menyampaikan pendapat dengan ucapan-ucapan licik.
B. Menyampaikan pendapat dengan argumentasi yang benar.
C. Menyampaikan pendapat dengan kalimat yang menarik.
D. Menyampaikan pendapat dengan kalimat yang santun.
E. Menyampaikan pendapat yang dapat meyakinkan mitra bicara.
55. Suatucarauntukmencapaikesepakatanmelaluidiskusi formal merupakanpengertiandari….
A. Negosiasi
B. TeksDeskripsi
C. Transaksi
D. Musyawarah
E. Teksprosudur
56. Tujuan yang harus di capaipadanegosiasikooperatifadalah…
A. Untukmendapatkantawaran yang lebihbaik
B. Untukmeraihkeuntungandalamjumlahbesar
C. Untukmencapaisolusi yang terbaik
D. Untukmenyelesaikanmasalah
E. Untukmeraihkesuksesan
57. Berikutiniyanmerupakantujuannegosiasiyaitu…
A. Mencarikeadilan
B. Mencapaikemakmuran
C. Mencapaikesepakatan
D. Untukmencarimasalah
E. Mencaripelanggan
58. Berikut yang merupakansalahsatukemampuandasardalambernegosiasiadalah…
A. Mampuberadaptasi
B. Memilikisifatkemimpinan
C. Mampumenjadipanutan
D. Membuatmasalah
E. Berbicaradenganjelas
59. Negosiasiuntukmemperolehkemenanganmutlakdenganmengalahkan orang lain di
sebutnegosiasi…
A. Win-Win Strategy
B. Win-Lose Strategy
C. Lose-Lose Strategy
D. Win all Strategy
E. Lose all Strategy
60. Yang bukan merupakan penyampaian negosiasi memenuhi kriteria ialah …
A. Subjektif
B. Logis
C. Sistematis
D. Mendalam
E. Lugas
61. Yang tidak termasuk negosiasi mengupayakan agar sebuah program kerja atau
usulan tidak dibuat seperti dibawah ini ialah …
A. Ditinjau ulang
B. Diterima
C. Direvisi
D. Ditolak
E. Diganti
62. Berikut ini pernyataan yang tidak benar dalam bernegosiasi adalah…
A. Usaha berdiskusi tidak berdebat dan hindari pula konfrontasi, percekcokan, dan
B. Sebelum bernegosiasi, orang yang bernegosiasi harus melakukan persiapan
C. Pakailah segala cara untuk memenangkan negosiasi
D. Oraang yang bernegosiasi harus saling menghormati
E. Orang yang bernegosiasi harus mematuhi aturan
63. Jika dalam suatu negosiasi, pihak anda tidak memenangkan negosiasi, yang tidak
selayaknya anda lakukan adalah…
A. Menyadari bahwa pihak anda memang masih banyak kekurangan
B. Menerima dengan sikap positif
C. Memperjuangkannya lagi dilain kesempatan
D. Mengusahakan jalan pintas yang licik
E. Menghargai keputusan yang telah disepakati
perseteruan.
64. Pernyataan yang tidak tepat dalam penyampaian pendapat dalam negosiasi
adalah…
A. Menyampaikan pendapat dengan ucapan-ucapan licik
B. Menyampaikan pendapat dengan argumentasi yang benar
C. Menyampaikan pendapat dengan kalimat yang menarik
D. Menyampaikan pendapat dengan kalimat yang santun
E. Menyampaikan pendapat yang dapat meyakinkan mitra bicara.
65. Yang tidak termasuk kegiatan negosiasi dalam jual beli adalah….
A. harga barang yang di perjual belikan
B. waktu dan lamanya pengiriman
C. cara dan waktu pembayaran
D. asuransi dan ongkos pengiriman
e. kwalitas barang
67. Persayaratan yang harus dimiliki oleh seseorang untuk melakukan negosiasi
adalah….
A. banyak kawan
B. di takuti oleh pihak lawan
C. banyak berbicara yang tidak jelas
D. mempunyai kemampuan berkomunikasi
E. acuh tak acuh
68. Ada keinginan untuk mencapai suatu kesepakatan, merupakan bagian dari....
A. penyebab negosiasi
B. persyaratan negosiasi
C. kegiatan dalam negosiasi
D. strategi bernegosiasi
E. pendistribusian
69. Mempunyai kemampuan berkomunikasi, merupakan bagian dari….
A. penyebab negosiasi.
B. persyaratan negosiasi
E. kegiatan dalam negosiasi
D. strategi bernegosiasi
E. pendistribusian
70. Kata Negosiasi berasal dari Negotiation. Negotiation artinya….
A. perundingan
B. permusyawarahan
C. berjanji
D. kemufakatan
E. perjudian
71. Di bawah ini yang bukan merupakan sebab terjadinya negosiasi adalah....
A. Ada pihak yang berkepentingan
B. Ada suatu masalah yang harus diperundingkan
C. Ada keinginan untuk mencapai suatu kemufakatan
D. Ada upaya untuk menjaga kehormatan masing-masing pihak
E. Adanya hasutan dari orang lain.
72. Persayaratan yang harus dimiliki oleh seseorang untuk melakukan negosiasi adalah….
A. Banyak kawan
B. Ditakuti oleh pihak lawan
C. Banyak berbicara yang tidak jelas
D. Mempunyai kemampuan berkomunikasi
E. Acuh tak acuh
73. Proses tawar-menawar dengan jalan berunding guna mencapai kesepakatan
bersama antara satu pihak (kelompok atau organisasi) dan pihak (kelompok atau
organisasi) yang lain disebut….
A. Debat
B. Tanya jawab
C. Anekdot
D. Diskusi
E. negosiasi
74 . Yang tidak tepat dalam penyampaian pendapat dalam negosiasi adalah….
A. Menyampaikan pendapat dengan ucapan-ucapan licik
B. Menyampaikan pendapat dengan argumentasi yang benar
C. Menyampaikan pendapat dengan kalimat yang menarik
D. Menyampaikan pendapat dengan kalimat yang santun
E. Menyampaikan pendapat yang dapat meyakinkan mitra bicara.
75. Rencana mengenai berbagai persiapan dalam rangka mengantisipasi berbagai
masalah dan segala kemungkinan yang terjadi dalam suatu perdagangan,
merupakan pengertian dari….
A. Negosiasi dalam jual-beli
B. Partisiapasi negosiasi
C. Strategi negosiasi
D. Penyebab negosiasi
E. Struktur negosiasi
76. Proses tawar- menawar dengan jalan berunding guna mencapai kesepakatan
bersama antara satu pihak (kelompok atau organisasi) dan pihak (kelompok atau
organisasi) yang lain disebut…
A. Debat
B. Tanya jawab
C. Bercakap-cakap
D. Diskusi
E. Negosiasi
77. Rencana mengenai berbagai persiapan dalam rangka mengantisipasi berbagai
masalah dan segala kemungkinan yang terjadi dalam suatu perdagangan,
merupakan pengertian dari….
A. Negosiasi dalam jual-beli
B. Partisiapasi negosiasi
C. Strategi negosiasi
D. Penyebab negosiasi
E. Struktur negosiasi
78. Jika dalam suatu negosiasi, pihak anda tidak memenangkan negosiasi, yang tidak
selayaknya anda lakukan adalah…
A. Menyadari bahwa pihak anda memang masih banyak kekurangan
B. Menerima dengan sikap positif
C. Memperjuangkannya lagi dilain kesempatan
D. Mengusahakan jalan pintas yang licik
E. Menghargai keputusan yang telah disepakati
79. Ada keinginan untuk mencapai suatu kesepakatan, merupakan bagian dari
A. Penyebab negosiasi.
B. Persyaratan negosiasi
C. Kegiatan dalam negosiasi
C. Strategi bernegosiasi
E. Pendistribusian
80. Berikut ini pernyataan yang tidak benar dalam bernegosiasi adalah…
A. Usaha berdiskusi tidak berdebat dan hindari pula konfrontasi, percekcokan,
B. Sebelum bernegosiasi, orang yang bernegosiasi harus melakukan persiapan
C. Pakailah segala cara untuk memenangkan negosiasi
D. Oraang yang bernegosiasi harus saling menghormati
E. Orang yang bernegosiasi harus mematuhi aturan
dan perseteruan.
0 comments:
Post a Comment