1. Hal yang terpenting dalam penyusunan periodisasi adalah....
Jawaban: prinsip kontinuitas
2. Sebuatan bapak sejarah diberikan kepada....
Jawaban: Herodotus
3. Peristiwa sejarah bersifat abadi karena....
Jawaban: tidak berubah-ubah
4. Kejadian dalam masyarakat manusia pada zaman lampau meliputi....
Jawaban: gejala, perbuatan, dan keadaan.
5. Menurut Kuntowijoyo objek sejarah sebagai ilmu adalah...
Jawaban: manusia
6. Pembabakan waktu disebut juga....
Jawaban: periodisasi
7. Urutan peristiwa sejarah yang terjadi disebut....
Jawaban: kronologi
8. Historia vitae magistra artinya....
Jawaban: sejarah adalah guru kehidupan
9. Secara etimologi sejarah berasal dari bahasa Arab, yaitu....
Jawaban: syajarotun
10. Sejarah dalam bahasa Belanda adalah....
Jawaban: geschiedenis
11. Mengapa timbul perbedaan pandangan mengenai definisi sejarah? Jelaskan Jawabanmu!
Jawaban: timbulnya perbedaan pandangan mengenai definisi sejarah dikarenakan setiap orang akan memiliki argumen yang berbeda dan dari pendidikan yang berbeda, selain itu juga sumber yang diambil pun berbeda
12. Apa yang dimaksud dengan sejarah sebagai ilmu?
Jawaban: sejarah sebagai ilmu adalah suatu susunan pengetahuan (a body of knowledge) tentang peristiwa dan cerita yang terjadi di masyarakat manusia pada masa lampau yang disusun secara sistematis dan metodis berdasarkan asas-asas, prosedur, dan metode serta teknik ilmiah yang diakui oleh para pakar sejarah.
13. Jelaskan ciri-ciri utama sejarah!
Jawaban: ciri-ciri utama sejarah, yaitu:
a. Peristiwa yang abadi
Peristiwa sejarah merupakan peristiwa yang abadi, karena peristiwa tersebut tidak berubah-ubah dan tetap dikenang sepanjang masa
b. Peristiwa yang unik
Peristiwa sejarah unik karena hanya terjadi satu kali dan tidak pernah terulang sama persis sama untuk kedua kalinya
c. Peristiwa yang penting
Peristiwa sejarah merupakan peristiwa yang penting dan dapat dijadikan momentum kehidupan semua orang.
14. Jelaskan fungsi sejarah sebagai fungsi rekreatif!
Jawaban: sejarah sebagai fungsi rekreatif dapat memberikan kesenangan dan rasa estetis karena penulisan sejarah mampu menarik pembaca berkreasi tanpa beranjak dari tempat. Kita dapat mengetahui peristiwa yang telah lampau. Dengan mempelajari kisah-kisah sejarah di tempat yang jauh, di negara-negara lain, maka seolah-olah kita bertamasya dan memberikan kepuasan dalam bentuk “pesona perlawatan”.
15. Apa yang dimaksud kegunaan intrinsik dan ekstrinsik dalam sejarah?
Jawaban:
- Fungsi intrinsik, yakni kegunaan dari dalam yang nampak terkait dengan keilmuan dan pembinaan profesi kesejarahan. Fungsi intrinsik sejarah adalah sejarah sebagai ilmu, sejarah sebagai cara mengetahui masa lampau, sejarah sebagai pernyatan pendapat, dan sejarah sebagai profesi.
- Fungsi ekstrinsik terkait dengan proses penanaman nilai dan proses pendidikan. Fungsi ekstrinsik meliputi sejarah sebagai pendidikan moral, sejarah sebagai pendidikan penalaran, sejarah sebagai pendidikan politik, sejarah sebagai pendidikan kebijakan, sejarah sebagai pendidikan perubahan, sejarah sebagai pendidikan masa depan, sejarah sebagai pendidikan keindahan, dan sejarah sebagai ilmu bantu.
16. Keruntutan dalam penulisan sejarah disebut....
Jawaban: kronologi
17. Metode sosiohistoris disebut juga...
Jawaban: diakronik
18. Pendekatan sejarah dengan menekankan struktur disebut...
Jawaban: sinkronik
19. Metode penyusunan dan pengolahan sumber, yaitu....
Jawaban: interpretasi
20. Pendapat tentang sejarah sebagai ilmu, tidak kurang atau lebih, dikemukakan oleh...
Jawaban: J.B. Burry
21. Dalam sejarah, kausalitas disamakan dengan konsep....
Jawaban: sebab akibat
22. Kausalitas merupakan inti dari penjelasan sejarah, dikemukakan oleh....
Jawaban: Sartono Kartodirdjo
23. Kronologi dalam sejarah memiliki arti yang sama dengan cara berpikir....
Jawaban: diakronik
23. Sejarah itu diakronik, berarti sejarah menekankan....
Jawaban: diakronik
24. Diakronik diambil dari bahasa....
Jawaban: Yunani
25. Sebutkan beberapa pendapat mengenai periodisasi!
Jawaban:
a. Menurut pendapat monistis, tidak mengenal periodisasi, karena setiap pembabakan sejarah atas zaman akan mengurangi kontinuitas.
b. Menurut pendapat atomistis, menentang periodisasi. Hal ini dikarenakan periodisasi hanya khayalan saja, sebab yang bersifat nyata hanyalah pengalaman langsung dari masing-masing individu.
c. Pendapat jalan tengah antara monistis dan atomistis. Dalam pendapat ini kenyataan merupakan heterogenitas kontinu yang dapat diartikan walaupun terdapat perbedaan pendapat, tetapi selalu berkelanjutan (kontinu).
d. Menurut Sartono Kartodirjo, bahwa periodisasi diperlukan untuk menetapkan karakteristik zaman dan membantu menyusun sistematika dalam penulisan sejarah.
26. Mengapa pada umumnya sejarawan memaki konsep three age system? Jelaskan alasanya!
Jawaban:
a. Jumlah tiga mudah diingat
b. antara periode pertama dan ketiga sangat berbeda, dan
c. periode kedua umumnya periode peralihan
27. Jelaskan arti dari sejarah itu sinkronik!
Jawaban: sejarah itu sinkronik artinya sebuah metode yang lebih menekankan struktur ketimbang proses di dalam penelitiannya.
28. Mengapa diperlukan berpikir kronologi dalam sejarah?
Jawaban: agar penulisan sejarah yang dilakukan bersifat runut, selain itu sejarah yang diakronik atau memanjang dalam waktu.
29. Apa itu konsep kausalitas?
Jawaban: kausalitas adalah hukum sebab akibat mengenai suatu peristiwa.
30. Prasasti, dokumen, naskah adalah sumber sejarah....
Jawaban: tertulis
31. Sumber tertulis sekunder adalah....
Jawaban: buku-buku sejarah
32. Kata fakta berasal dari bahasa latin, yaitu....
Jawaban: faktus
33. Fakta sejarah sebagai suatu yang dijabarkan secara langsung atau tidak langsung dari sumber sejarah yang dipandang kredibel dan telah diuji dengan metode sejarah merupakan pendapat....
Jawaban: Louis Gottschalk
34. Sumber menurut sifatnya ada dua, yaitu.... dan ....
Jawaban: primer dan sekunder
35. Rekaman atau bukti sejarah disebut....
Jawaban: sumber sejarah
36. Sumber yang mengalami sendiri suatu peristiwa disebut....
Jawaban: sumber primer
37. Oral tradition termasuk sumber.....
Jawaban: lisan
38. Peninggalan-peninggalan zaman praaksara berupa fosil-fosil dan benda-benda buatan manusia disebut....
Jawaban: artefak (sumber benda)
39. Peninggalan di masa lampau, tetapi masih dipergunakan saat ini disebut....
Jawaban: sumber sejarah
40. Sebutkan dua jenis sumber sejarah!
Jawaban: sumber sejarah ada dua, yaitu sumber primer dan sumber sekunder
41. Sebutkan yang termasuk sumber tertulis!
Jawaban: sumber tertulis contohnya prasasti, babad, kronik, piagam, dokumen, arsip, laporan, dan surat kabar
42. Jelaskan pengertian dari sumber benda dan berikan contohnya!
Jawaban: sumber benda, yaitu benda-benda peninggalan masa lampau, seperti bangunan, kapak, gerabah, perhiasan, patung, candi, gereja, dan masjid. Sumber sejarah yang diperoleh dari peninggalan benda-benda kebudayaan, misalnya kapak, gerabah, perhiasan, manik-manik, candi, dan patung.
43. Sebutkan kedudukan dari sumber sejarah!
Jawaban: sumber sejarah mempunyai kedudukan yang amat penting dalam penelitian sejarah. Contohnya bahan dokumentar mempunyai kedudukan.
a. Membentuk dan memperbaiki alat konseptual
b. Menyarankan hipotesis baru
c. Memberi fakta
d. Mengawasi fenomena
44. Apa yang dimaksud sumber primer? Jelaskan!
Jawaban: sumber primer adalah sumber yang menyaksikan, mendengar sendiri, atau mengalami sendiri suatu peristiwa. Sumber primer ini terbagi menjadi dua, yaitu:
a. Strictly primary sources (sumber primer yang kuat), yaitu sumber yang berasal dari para pelaku atau para saksi yang menyaksikan langsung suatu peristiwa.
b. Less strictly primary sources (sumber primer kurang kuat), yaitu sumber yang hidup satu zaman dengan suatu peristiwa, tetapi tidak memiliki hubungan langsung dengan peristiwa tersebut.
Thursday, April 11, 2019
CONTOH SOAL ESSAY BESERTA JAWABANNYA CARA BERPIKIR KRONOLOGIS, DIAKRONIK, SINKRONIK DALAM SEJARAH | SEJARAH INDONESIA SMA KELAS 10 SEMESTER 1
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment